02.18
0
(21/1) Hari pertama menjalankan program kerja ke SMP 3 Mertoyudan yaitu sosialisasi mengenai internet sehat bagi murid-murid SMP dan juga cara pembuatan email dan blogspot yang disampaikan oleh Aditya, tim 1 KKN Desa Donorojo yang mendapat sambutan hangat dari para murid. Dilanjutkan dengan pengenalan ASEAN dan peta dunia yang diisi oleh Amila. Para murid tampak antusias dengan kedua materi tersebut terbukti dari suasana kelas yang hidup dan aktif, baik dari pemberi materi maupun penerima materi. Terjadi komuniksi dua arah. Dalam sesi kali ini yang menjadi penerima materi terdiri dari kelas 7A – 7F dan kelas 8A – 8F.
(22/1) Hari kedua program kerja di SMP 3 Mertoyudan dengan materi pengenalan bahasa Perancis serta praktek dalam pengucapannya, para siswa antusias dengan materi yang terbilang masih awam bagi mereka. Materi selanjutnya pengenalan Hubungan Internasional dan juga Perencanaan Wilayah Kota yang dapat memberikan wawasan baru bagi para siswa. Tentang bagaimana gambaran hubungan dalam dunia internasional, siapa saja aktor baik organisasi maupun lembaga-lembaga internasional yang berada di balik hubungan-hubungan internasional, apa saja yang dimaksud dengan “penyakit” di desa dan di kota, bagaimana cara penanganannya, dll. Dalam sesi kedua di SMP 3 Mertoyudan ini yang menjadi penerima materi terdiri dari kelas 8D – 8F dan kelas 9A – 9F.
 Sabtu (24/1), kegiatan seleksi cerdas cermat di aula kelurahan Desa Donorojo yang diikuti oleh SDN Donorojo dan MI Ma’aif Donorojo. Seleksi cerdas cermat tersebut dimulai dari jam 11.15 WIB sampai 12.15 WIB. Dengan jumlah soal 60 yang terdiri dari soal IPA 20, Bahasa Indonesia 21 dan Matematika 19. Dengan estimasi tiap soal 1 menit. Pada malam harinya dilanjutkan dengan mengoreksi jawaban dari peserta.
(25/1) Kegiatan kerja bakti di dusun Brengosan yaitu kegiatan bersih-bersih makam sekaligus mengecat dan juga membersihkan selokan di sekitar dusun Brengosan untuk mencegah menumpuknya sampah yang bisa menyebabkan berkumpulnya nyamuk penyebab demam berdarah. Acara kerja bakti ini dilakukan oleh masyarakat Brengosan baik muda maupun tua, maka terlihat suasana yang kompak dari warga Brengosan. Setelah selesai bersih-bersih dilanjutkan dengan makan hidangan yang sudah disediakan oleh warga. Kegiatan dimulai dari jam 07.30 WIB sampai 11.00 WIB. Dilanjutkan dengan kerja bakti lagi di dusun Dukunan 1 dengan kegiatan gotong royong membongkar salah satu rumah warga yang akan di renovasi. Kerja bakti kedua ini berlangsung singkat karena hanya membongkar rumah.
 
(26/1) Pelaksanaan program kerja ke SDN Donorojo hari pertama dengan materi pengenalan elektronika sederhana yang dilanjutkan dengan permainan elektronika dan juga mengajak para siswa untuk kreatif dalam memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan barang yang bernilai dan berguna. Para siswa sangat antusias baik terhadap permainan elektronika sederhana maupun dalam memanfaatkan botol air minum bekas yang dijadikan celengan yang kemudian dihias menjadi bentuk babi. Kegiatan dimulai setelah jam pelajaran selesai agar tidak mengganggu kegiatan belajar-mengajar.

            Sore harinya kegiatan berlangsung di ruang perpustakaan SDN Donorojo untuk menjalankan program kerja multidisiplin “Donorojo Cerdas” dengan membantu para siswa belajar mengerjakan PR sekaligus melanjutkan praktek bagi siswa yang ingin membuat celengan dari bahan botol air minum bekas. Kegiatan dimulai jam  15.00 WIB sampai 17.00 WIB.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar